Kapal Selam Jerman Era Hitler U-Boat Ditemukan di Perairan Karimun



Jakarta - Ada temuan mengejutkan yang didapatkan peneliti dari Pusat Arkeologi Nasional di perairan Karimun Jawa, Jepara, Jateng. Sebuah bangkai kapal selam legendaris U-Boat yang legendaris di era Hitler ditemukan di dasar laut.

Tim dari Arkeologi Nasional menemukan bangkai kapal itu dalam pencarian pada 4-17 November lalu. "Ini berawal dari informasi nelayan," kata Ketua Tim Priyatno Hadi saat berbincang dengan detikcom, Selasa (19/11/2013) malam.
 

Sejumlah peneliti ikut terjun dalam pencarian kapal itu. Salah satunya Shinatria Adhityatama yang juga peneliti di Arkeologi Nasional dan temannya Mada Ramadan. Kapal itu U-Boat jenis 168. 


Tim berangkat dari Pulau Karimun menuju lokasi yang dituju dengan menyewa kapal sembako. Mereka juga membawa alat pemindai yang bisa mengetahui posisi sebuah benda di dasar laut. Tim penyelam lokal di Yogyakarta juga dilibatkan.

"Kapal ini peninggalan Jerman. Di di dalam kapal ada logo Nazi. Ini kapal U-Boat yang bentuknya seperti kapsul. Kapal selam ini bagian buritannya sudah tidak ada, sepertinya dihantam torpedo dulunya," terang Priyatno.

Bangkai kapal selam sepanjang 47 meter itu kemudian diteliti. Banyak ditemukan benda-benda milik penghuni kapal. Walau di kapal itu lumpur sudah banyak menutupi. Bangkai kapal ini dahulu tak sengaja ditemukan nelayan kala menjaring ikan. 


"Ada piring, kancing, alat selam," jelasnya.

Kapal itu belum dieskavasi secara tuntas. Dengan keterbatasan peralatan dan cuaca yang yang tak bisa diprediksi, tim peneliti meninggalkan lokasi itu.

"Nanti kita akan eskavasi lagi. Sekarang yang penting dijaga dari penjarah barang langka dan besi bekas," tutupnya.


kalo memang benar itu milik nazi,
lalu mau kemana mereka sampe melintasi laut jawa?



Original Posted By Untuk apa Hitler kirim kapal selam U-Boat Nazi ke Laut Jawa?

Bangkai kapal selam Nazi Jerman tipe Unterseeboot atau U-Boat ditemukan di dasar Laut Jawa. Hal ini memperkuat fakta sejarah Jerman mengerahkan kapal-kapal selam andalannya ke Samudera Hindia. Sebenarnya untuk apa Hitler mengirim U-Boat ke Laut Jawa?

Arkeolog dan penyelam yang menemukan bangkai U-Boat, Shinatria Adhityatama (25), meyakini saat perang dunia II, cukup banyak kapal selam Jerman yang lalu lalang di perairan Indonesia. Kekuatan Kapal Selam U-Boat tergabung dalam Monsoon Group atau The Gruppe Monsun.

"Dari data kami jumlahnya cukup besar, bahkan mencapai satu armada. Dari Prancis saja dikirim 11 kapal, tapi yang sampai di Indonesia diperkirakan cuma 5 atau 6. Belum dari pangkalan U-Boat lain karena kita tahu, pangkalan U-Boat di Eropa ada di beberapa tempat, seperti Norwegia dan lainya," kata Shinatria saat berbincang dengan merdeka.com, Selasa (19/11) malam.

Menurut Shinatria, U-Boat bertugas untuk menghancurkan garis suplai sekutu dari Asia Tenggara. Termasuk jalur logistik Inggris dari India.

"Mereka juga bekerjasama dengan Jepang sebagai sekutu. Jerman membantu mengamankan perairan Pasifik yang dikuasai Jepang," jelasnya.

Selain Jerman dan Jepang juga berbagi teknologi militer. Mereka juga diduga berbagi pangkalan kapal selam. Saat Perang Dunia, diketahui ada pangkalan U-Boat di Pulau Penang, Batavia dan Surabaya.

"Jadi mereka melakukan operasi gabungan di Indonesia. Di perairan inilah satu-satunya ada operasi gabungan angkatan laut Jerman dan Jepang," tutur Shinatria.

Bangkai kapal selam itu ditemukan 10 jam pelayaran dari Pulau Karimun Jawa. Lokasi bangkai kapal ada di kedalaman 13-16 meter di bawah permukaan laut. Diduga kapal karam karena ditorpedo.

U-Boat adalah kapal selam andalan angkatan laut Hitler. Kapal selam ini menebar teror dan mengkaramkan puluhan kapal dagang dan kapal perang milik Sekutu. Kapal yang karam di Laut Jawa memiliki panjang 76 m dengan garis tengah 4,9 mete

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/528c136ec1cb179f3300000f