India Klaim Sukses Luncurkan Misi ke Mars

Headline
India mengklaim sukses meluncurkanpesawat luar angkasa tanpa awak menuju Planet Mars, pada Selasa (5/11).Negara ini berambisi menjadi satu-satunya di Asia yang bisa mencapai Mars dengan teknologi angkasa yang murah.

Pesawat tanpa awak bernama Mars Orbiter Mission (MOM) lepas landas pada 5 November 2013 pukul 09.08 GMT atau 16.08 WIB dengan menggunakan roket buatan India dari Satish Dhawan Space Center di Sriharikota.
Peluncuran MOM ini diawasi ketat puluhan ilmuwan yang tegang yang menyaksikan tugas terberat mereka sejak program ruang angkasa India dimulai pada 1963.

Sebelumnya, India belum pernah mencoba misi antarplanet seperti ini dan lebih dari separuh misi ke Mars berakhir dengan kegagalan, termasuk misi yang dilakukan Cina pada 2011 dan Jepang di 2003.

Tepuk tangan pun membahana di ruang kendali setelah stasiun pemantau yang berada di Pasifik Selatan pada 44 menit setelah peluncuran melaporkan bahwa MOM sudah menyelesaikan tahap pertama dalam perjalanan 300 hari menuju Mars.

Keberhasilan India ini mendapatkan perhatian penuh dari berbagai badan antariksa dunia, termasuk NASA.

"Kami tak percaya India bisa meluncurkan roketnya secepat ini. Jika misi ini berhasil, maka itu akan sangat fantastis," ujar peneliti wahana Mars NASA, Joe Grebowsky, seperti dilansir AFP.

Grebowsky menegaskan bahwa misi ke Mars, dengan jarak lebih dari 750 juta kilometer dari Bumi, akan jauh lebih kompleks dan sulit ketimbang misi menuju bulan.

Hingga kini, Amerika Serikat melalui NASA, masih menjadi satu-satunya negara yang berhasil mengirim wahana angkasa tanpa awak bernama Curiosity ke Planet Merah itu.
sumber:http://teknologi.inilah.com/read/detail/2044928/india-klaim-sukses-luncurkan-misi-ke-mars