Ini Pesawat Mata-mata Enam Kali Kecepatan Suara

Headline
Pesawat mata-mata hipersonik masa depan dengan kemampuan terbang enam kali lebih cepat dari kecepatan suara sedang dikembangkan Lockheed Martin Corp.

Lockheed SR-72 adalah suksesor dari Lockheed SR-71 Blackbird, pesawat supersonik yang dikembangkan pada 1960-an yang mampu menembus kecepatan Mach 3 atau sekitar 3.540 km/jam.

Lockheed mengatakan, pesawat mata-mata baru mereka bakal mampu terbang dua kali lebih cepat dari Blackbird, dan tiga kali lebih cepat daripada jet tempur yang ada saat ini.

Kecepatannya diklaim bakal mencapai Mach 6, yang merupakan enam kali kecepatan suara, lebih dari 5.600 km/jam). Pesawat ini mampu terbang ke lokasi manapun dalam waktu satu jam sehingga bakal menjadi revolusioner untuk militer.

"Hipersonik adalah jenis stealth baru. Musuh tidak akan dapat bersembunyi atau bergerak lagi, mereka akan ditemukan. Ini akan menjadi sebuah game-changer," kata Brad Leland, program manager Lockheed, seperti dikutip Livescience. 

Lockheed berkolaborasi dengan produsen roket dan rudal Aerojet Rocketdyne membuat rancangan sistem turbin yang mampu menghempaskan pesawat supersonik ini dari posisi diam ke kecepatan Mach 6.

Lockheed SR-72 disebut bakal siap mengudara pada 2030.


sumber:http://teknologi.inilah.com/read/detail/2044814/ini-pesawat-mata-mata-enam-kali-kecepatan-suara