Facebook Tahu Anda dan Pasangan Akan 'Putus'


Headline Sebelum pengguna Facebook mengubah status hubungan dari in a relationship menjadiit's complicated, jejaring sosial populer ini mungkin sudah mengetahuinya. Bagaimana bisa?

Studi di Cornell University, New York, AS, menyebutkan bahwa Facebook dapat memberitahu seberapa 'terhubung' sepasang kekasih dengan mempelajari kelompok teman mereka.

Dailymail melansir, studi yang mengambil tajuk Romantic Partnerships and the Dispersion of Social Ties: A Network Analysis of Relationship Status on Facebook ini menggunakan grafik dan algoritma untuk menganalisa hubungan.

Para peneliti mengamati 1,3 juta pengguna Facebook dengan status in a relationship dan melihat seberapa besar jaringan pertemanan mereka, serta berapa banyak teman yang sama atau mutual friends yang mereka miliki.

Hasilnya, orang yang memiliki lingkaran sosial yang sama di Facebook memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk tetap in a relationship.

Teman yang sama tersebut mencakup anggota keluarga, rekan kerja, dan kenalan jauh di Facebook.

"Kami mengukur tidak hanya pada jumlah teman yang sama yang dimiliki pasangan kekasih, tetapi juga pada bagaimana struktur jaringan pertemanan yang sama tersebut; kasarnya, hubungan dua orang memiliki dispersi yang tinggi ketika teman yang sama tersebut tidak terhubung dengan baik satu sama lainnya," ujar para peneliti yang melakukan studi ini.

Hasil studi tersebut juga menyimpulkan bahwa orang-orang yang berhubungan dengan jaringan teman-teman sendiri, terpisah dengan jaringan pasangannya, memiliki hubungan cinta lebih baik.

sumber:http://teknologi.inilah.com/read/detail/2044093/facebook-tahu-anda-dan-pasangan-akan-putus