2012, Tahunnya Aplikasi?

Headline
IST
Jakarta – Pada 2011 kemarin tercatat banyak sekali pencapaian baru di dunia aplikasi. Bagaimana dengan tahun ini?
Saat ini meski masih merupakan era awal dari aplikasi namun sudah banyak pencapaian hebat. iOS sudah memiliki 600 ribu aplikasi, sementara OS Android sudah memiliki 400 ribu aplikasi.
Pertumbuhan ekosistem aplikasi tahun kemarin juga sangat pesat, dan belum ada pertanda bahwa akan melambat. Contohnya Natal kali ini rupanya membawa berkah kepada para pengembang aplikasi. Karena jumlah pengunduhannya telah memecahkan rekor.
Firma Flurry mengatakan bahwa jumlah aktivasi aplikasi telah mencapai angka 6,8 juta, naik sebesar 140 persen dari Natal tahun 2010 yang sebesar 2,8 juta. Pada hari Natal tahun lalu, dilaporkan telah diunduh 242 juta aplikasi, naik 125% dari peningkatan tahun lalu. Pengunduhan aplikasi sebesar itu didapat berimbang dari dua toko aplikasi, yakni iOS dan Android.
Selain pemain besar macam iOS (Apple) dan Android (Google), Microsoft juga telah mulai mengabarkan kepada para pengembang mereka, untuk membuka sebuah toko aplikasi pada Februari, untuk semua perangkat yang menjalankan software Windows.
Toko aplikasi bernama Windows Store tersebut rencananya akan dibuka akhir Februari, setelah Microsoft meluncurkan versi tes dari OS Windows 8. Apabila nanti sudah diluncurkan, sudah jelas bahwa nanti Windows Store tersebut akan menyaingi toko aplikasi milik Apple dan Google.
"Saya pikir nanti kami akan melakukannya dengan baik," ujar Antoine Leblond, vice-president dari Windows Web Services. "Pencapaian Windows itu sangat besar dan tak bisa disaingi," tambah Leblond, seraya menimpali bahwa OS browser mereka sudah memiliki 500 juta pengguna di seluruh dunia.
Sebelum Windows Store, Windows Phone Marketplace besutan Microsoft tahun lalu juga memiliki pencapaian baru, yakni dicapainya 50 ribu aplikasi oleh Windows Phone Marketplace. Meskipun begitu, jumlah aplikasi tersebut bukanlah besar untuk ukuran standar toko aplikasi. Namun Windows Phone Marketplace kini sudah tumbuh sedemikian cepat.
Toko aplikasi Microsoft sudah miliki 50 ribu aplikasi lebih cepat dari platform manapun. Sebelumnya hanya dalam 14 bulan saja, sementara Android membutuhkan waktu sampai 19 bulan untuk mencapai angka tersebut.
Dipaparkan di All About Windows Phone, bahwa rata-arata pertumbuhan di Windows Phone Marketplace adalah 265 aplikasi per hari. Selain perusahaan ponsel dan internet, perusahaan game juga tak mau kalah dengan juga ingin meluncurkan toko aplikasi.
Perusahaan game asal Jepang tersebut dikabarkan akan segera membuka toko aplikasi yang akan menampung seluruh aplikasi Nintendo melebihi yang ada di Nintendo eShops untuk Wiii dan DSi/3DS.
Sebuah sumber mengatakan bahwa toko aplikasi terbaru itu akan lebih beragam. Beberapa akan bisa dioperasikan melalui konsol Wii U ke layar besar, beberapa lagi bisa digunakan melalui Controller layar sentuh Wii.
Meskipun begitu, belum jelas apakah Nintendo akan melanjutkan system pembayaran kredit untuk transaksi di toko aplikasinya, atau mengikuti Apple melalui metode micro-payment untuk akun berlangganan.
Pada Juni 2012 adalah waktu perkiraan toko aplikasi tersebut akan diluncurkan. Meskipun begitu pencarian aplikasi masih merupakan sebuah tantangan. Entah itu di toko aplikasi maupun di perangkat itu sendiri. Jadi siapapun yang bisa untuk membuat mesin pencari aplikasi akan menjadi sebuah 'Google baru'.
Pencarian aplikasi saat ini merupakan sebuah fokus tersendiri dari para startup. Para startup seperti Quixey, Xyologic, Appolocious, sudah mulai melakukan hal itu untuk menaklukan tantangan tersebut.
Apabila tantangan untuk membuat pencarian terhadap aplikasi sudah berhasil dilakukan, maka bukan tidak mungkin di 2012 ini pencapaian di dunia aplikasi akan jauh lebih besar lagi.

sumber:http://teknologi.inilah.com/read/detail/1814317/2012-tahunnya-aplikasi