Cara Mudah Mengenali Cartridge Printer Palsu

Peredaran kartrid printer palsu baru-baru ini cukup mengkhawatirkan, setelah terbongkarnya pabrik produsen produk tiruan tersebut yang beroperasi di Asia Pasifik. Simak cara praktis agar tak dibohongi penjual yang menjual kartrid palsu tersebut.
  1. Belilah diToko Resmi
    Lebih baik membeli perangkat yang cukup penting bagi printer ini langsung dari dealer resminya. Mudah kok untuk mencarinya, tinggal cari saja di internet. Memang membeli perangkat di dealer resmi identik dengan harganya yang lebih mahal. Namun setidaknya, keasliannya terjamin.
  2. Teliti Terhadap Kemasan
    Lakukan sedikit pengecekan terhadap kemasan kartrid yang ingin dibeli. Produk palsu biasanya akan berusaha untuk mengkopi penampilan si produk asli semirip mungkin. Namun tetap saja, jika diteliti lebih jauh pasti ada elemen yang tidak bisa ditiru hingga sempurna. Carilah kesalahan ini, dan biasanya hal itu bisa ditemukan pada kemasan/atau boks produk tersebut.
  3. Harga
    Jangan mudah tergiur dengan iming-iming harga murah atau gelontoran diskon. Sejatinya, Anda patut curiga jika kartrid yang dikatakan asli itu dibanderol sangat murah. Namun bukan berarti kartrid asli selalu berharga mahal atau tak bisa didiskon. Cermati toko penjualnya, apakah meyakinkan?
  4. Seberapa boros?
    Jika Anda sudah dalam posisi kadung membeli, amati penggunaan tinta tersebut. Daya tahan kartrid palsu hampir bisa dipastikan tak sekuat produk original.
  5. Kualitas Cetakan
    Output atau cetakan hasil kartrid palsu juga bisa menjadi bahan penilaian. Warna dari tinta cenderung menghasilkan kualitas cetakan yang rendah. Coba bandingkan dengan hasil cetakan terdahulu kala menggunakan kartrid resmi.
  6. Kinerja
    Sebuah kartrid tinta palsu biasanya menyebabkan kekacauan di atas kertas selama pencetakan. Kartrid bisa bocor, kotor, hingga menyebabkan bercak yang memerlukan waktu ketika dibersihkan. Jika menemukan kartrid printer Anda beroperasi seperti ini, bisa jadi itu adalah tiruan.
Semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda. Sebab kartrid palsu yang beredar di pasaran berbentuk sangat mirip dengan produk asli. Jika tidak hati-hati dan tergiur harga yang sangat murah, pengguna bisa terbuai dibuatnya.
Namun keberadaan produk tersebut sejatinya merugikan pengguna. Kartrid palsu mengakibatkan kinerja printer menjadi buruk, kapasitas toner lebih sedikit, kualitas cetak rendah dan kebocoran toner. Sehingga berpotensi merusak printer serta dapat membatalkan garansi printer.

Sumber : Indonews.org