Astronom Temukan Planet Terbuat dari Berlian



Bisa dikatakan penemuan ini merupakan penemuan permata. Astronom yakin berhasil menemukan sebuah planet yang keseluruhannya terbuat dari berlian.

Ilmuwan University of Manchester mengaku berhasil menemukan bintang masif di Bima Sakti yang berubah menjadi planet kecil batu berharga itu. Tim riset internasional awalnya mendeteksi bintang tak biasa yang disebut pulsar.

Kemudian, peneliti menggunakan teleskop di observatori di Cheshire untuk menelitinya. Temuan ini kemudian menuntun ilmuwan menemukan tarikan gravitasi planet tetangga kecil yang mengorbit pulsar seperti ditulis Dailymail.

Pulsar merupakan bintang berputar yang memiliki diameter lebih dari 16 kilometer atau seukuran kota kecil yang memancarkan gelombang radio. Tim gabungan Australia, Jerman, Italia dan Amerika Serikat (AS) ini menduga, planet ini merupakan peninggalan bintang aslinya.

Anggota tim Dr Michael Keith mengatakan, “Sisa ini kemungkinan adalah karbon dan oksigen besar. Karena bintang terbuat dari elemen yang lebih ringan seperti hydrogen." Artinya, sebagian besar bintang ini serupa berlian.

Bintang yang dijuluki PSR J1719-1438 dan planetnya terletak empat ribu tahun cahaya dari rasi bintang Serpen. Meski kecil, massa planet ini sedikit lebih berat disbanding Yupiter.

sumber:http://www.zonamaya.info/2011/08/astronom-temukan-planet-terbuat-dari.html