Misteri Legenda Gunung Semeru

Gunung Semeru.JPG
Apakah kalian tau kalau Gunung Semeru itu ada legenda Misterinya? Ada loh... ceritanya begini :

Tertulis pada Kitab Kuna Tantu Pagelaran (abad ke-15). Ternyata menurut kepercayaan masyarakat Jawa, Pulau jawa pernah mengambang di laut lepas. Pulau ini terombang ambing kesana kemari. Akhirnya para Dewa memutuskan untuk memaku Pulau Jawa dengan cara memindahkan Gunung Meru di India ke atas Pulau Jawa. Dipakunya pakai Gunung :)
Ketika itu, Dewa Wisnu menjelma menjadi seekor kura-kura raksasa yang menggendong gunung tersebut. Sedangkan Dewa Brahma menjelma menjadi seekor ular panjang raksasa yang membelitkan tubuhnya pada gunung dan kura-kura raksasa. Dengan demikian gunung dapat diangkut dengan aman.
Gunung tersebut diletakkan di bagian pertama pulau yang mereka temui, antara lain bagian barat Pulau Jawa. Tapi ternyata berat gunung ini membuat Pulau menjadi tidak seimbang, sehingga mereka memutuskan untuk memotong sebagian dari gunung dan menempatkannya di bagian barat laut, supaya seimbang.
Penggalan ini bernama Gunung Pawitra, kalau sekarang dikenal dengan nama Gunung Panaggungan, dan bagian utama dari gunung Meru adalah tempat bersemayamnya Dewa Shiwa, yang sekarang kita kenal dengan Gunung Semeru. Saat dewa Sang Hyang Siwa datang ke Pulau Jawa, dilihatnya banyak sekali pohon Jawawut, sehingga Pulau tersebut dinamakan Jawa.
Di agama Hindu ada kepercayaan tentang Gunung Meru. Gunung Meru merupakan rumah para Dewa menurut orang-orang beragama Hindu. Makanya disana banyak sekali orang-orang bersemedi, katanya supaya bisa mendengar suara para dewa. Sampai sekarang masih banyak masyarakat Jawa dan Bali yang mempercayai bahwa gunung adalah kediaman para Dewa-dewa dan makhluk halus.
Roh-roh leluhur juga ada digunung itu, biasanya mereka bertujuan menjaga macam-macam tempat dan harus dihormati. Bahkan para pendaki yang menginap di danau Ranu Kumbolo sering melihat hantu Ranu Kumbolo. Kata mereka tengah danaunya berwarna orange dan tiba-tiba berubah sosok menjadi hantu wanita. Terserah orang mau percaya atau tidak, tapi orang Jawa percaya sekali bahwa daerah Bromo, Tengger, Semeru adalah tempat kediaman para hantu-hantu. Hiii..

sumber:http://www.voltras.net/story/erna/legenda-gunung-semeru