2012 Bakal Jadi Tahun Kejayaan Zynga?

Headline
INILAH.COM, Jakarta – Bagi perusahaan pembuat game sosial Zynga, 2012 nampaknya akan semakin berjaya, mengingat sudah semakin baik pencapaian yang mereka raih. Apa saja?
Setelah Angry Birds dan Cut The Rope dijadikan mainan, game Farmville juga menyusul akan diwujudkan dalam bentuk mainan. Zynga kini bekerjasama dengan perusahaan pembuat mainan Hasbro, untuk membuat berbagai mainan dan merchandise lainnya yang terkait dengan Zynga. Produk pertama dari kolaborasi ini diharapkan dapat hadir di pasaran pada musim gugur 2012.
Para pengamat mengatakan bahwa kolaborasi Hasbro dan Zynga mungkin bakal menjadi salah satu yang terbesar untuk kategori produk mainan dari game sosial, sebagaimana Angry Birds sudah terlebih dahulu hadir.
Zynga saat ini telah memiliki sekira 227 juta pengguna tiap bulannya, melalui game-game andalannya macam CityVille, FarmVille dan Word With Friends. Selain itu game FarmVille akan dijadikan mainan, game teranyar yang baru dikeluarkan oleh Zynga, yakni CastleVille, juga mendapat kesuksesan yang cukup hebat. Castleville 'meledak' di Facebook dengan lima juta pengguna aktif hanya dalam enam hari sejak diluncurkan.
Sepekan sejak peluncurannya, CastleVille langsung mendapatkan lima juta pengguna aktif harian. Ini menandakan CastleVille merupakan game Zynga dengan angka pertumbuhan tercepat yang pernah ada.
Dengan pencapaian ini, CastleVille telah mengalahkan pencapaian game Zynga lainnya, yakni FronterVille, yang mendapat 2,6 juta pengguna aktif dalam kurun waktu enam hari sejak peluncuran. Sementara CityVille memiliki 3,2 juta pengguna aktif pada enam hari peluncuran resminya.
Meski begitu, CastleVille, harus masih terus berjuang. Sebab CityVille telah mencapai 100 juta pengguna hanya dalam kurun waktu 40 hari pascapeluncuran. Menurut AppData, CityVille masih merupakan game terpopuler di Facebook, dengan angka 51 juta pengguna aktif harian.
Firma pembuat game FarmVille dan CityVille ini memang telah membangun tim berpengalaman serta infrastruktur untuk merespon perkembangan yang masif tersebut. Selain itu tim Zynga juga mengetahui jenis-jenis game yang pengguna inginkan, terutama pada simulasi kasual dan mereka bertaruh besar pada sektor tersebut.
Perusahaan berlogo anjing bulldog tersebut terus memperkerjakan banyak desainer game berpengalaman ke dalam perusahaan mereka. Tugasnya para desainer ini adalah terus membantu agar game-game lama bisa lebih 'awet' dan melahirkan game-game baru.
Selain itu Zynga juga berhasil 'menguangkan' game-game yang dimainkan oleh pengguna mereka. Sampai saat ini Zynga tetap mendominasi di Facebook. Lima game social teratas di Facebook tetap dipegang oleh mereka. Zynga juga terus menambah jumlah pengguna mereka di sektor mobile.
Atas kesuksesannya tersebut maka Zynga mencoba untuk melakukan eskpansi melampaui PC, yakni dengan merambah pasar mobile. Salah satu langkah konkrit Zynga atas rencana tersebut adalah dengan membeli empat perusahaan mobile sekaligus.
Pembelian yang dilakukan perusahaan ini merupakan bagian upayanya mengekspansi jajaran produk game buatannya ke ponsel dan tablet. Mobile Executive Zynga, David Ko, mengatakan bahwa pihaknya baru saja membeli Gamedoctors dari Bielefeld, Jerman. Perusahaan ini merupakan pembuat game ZombieSmash.
Selain itu, Zynga juga membeli Page44 Studios yang bermarkas di San Francisco pada September tahun lalu. Studio ini merupakan pembuat game 'World of Goo' untuk iOS.
Tak hanya perusahaan tersebut, Zynga juga membeli HipLogic dari San Francisco Astro Ape Studios. Sayangnya, Zynga enggan memberi informasi mengenai nilai pembelian perusahaan tersebut.
Dalam hal game Facebook, Zynga terbilang juara. Namun, kesuksesan ini tak diikuti di segmen mobile. Zynga kemudian memulai upayanya berekspansi dengan membeli perusahaan-perusahaan tersebut. Jadi, setelah semua pencapaian ini apa lagi yang kurang dari Zynga di bidang game sosial?

sumber:inilah.com